Inilah Jalan yang Lurus (Jalannya para nabi dan Rasul)


Nikmat kenabian Ibrahim:

2. 130. Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh

 Ajaran Ibrahim yang lurus:

4.125. Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.

 3.95. Katakanlah: “Benarlah (apa yang difirmankan) Allah.” Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik.

Seruan Ibrahim kepada kaumnya:

19.43. Wahai bapakku, sesungguhnya telah datang kepadaku sebahagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka IKUTILAH AKU, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu JALAN YANG LURUS.

Seruan Nuh kepada kaumnya:

71.2.  “Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu, 3. (yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya dan TAATLAH KEPADAKU, 4. niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan.

Seruan Musa kepada kaumnya:

40.38. Orang yang beriman itu berkata: “Hai kaumku, IKUTILAH AKU, aku akan menunjukkan kepadamu JALAN YANG BENAR.

 41. Hai kaumku, bagaimanakah kamu, AKU MENYERU KAMU KEPADA KESELAMATAN…

 42. (Kenapa) kamu menyeruku supaya kafir kepada Allah dan mempersekutukan-Nya dengan apa yang tidak kuketahui padahal aku menyeru kamu (beriman) kepada Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun?

 Seruan nabi Harun kepada kaumnya:

20.90. Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada mereka sebelumnya: “Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu. itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Tuhan) Yang Maha Pemurah, maka IKUTILAH AKU DAN TAATILAH PERINTAHKU.”

 Seruan Isa Al masih kepada kaumnya:

 43. 61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan IKUTILAH AKU. Inilah jalan yang lurus.

 Seruan Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada kaumnya dan semua umat:

3. 31. Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, IKUTILAH AKU, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

42.52. Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. 

Alqur’an adalah kitab yang mengajak kepada keselamatan:

5.16. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke JALAN KESELAMATAN, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke JALAN YANG LURUS.

 9.128. Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (KEIMANAN DAN KESELAMATAN) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

 20 47.  Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk.

 Maka jalan yang lurus dan selamat itu adalah beriman kepada Allah:

2.62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, TIDAK ADA KEKHAWATIRAN kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

 3.110. Sekiranya Ahli Kitab (Kristen-Yahudi) beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Seruan para nabi dan Rasul untuk menyembah Allah:

16. 36. Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu (setan dan apa saja yang disembah selain dari Allah)

Menyembah Allah adalah satu-satunya jalan yang lurus dan sudah pasti penuh dengan keselamatan:

43.64. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus.

3.51. Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus.”

6.153. dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.

 Dalam alkitab, juga para nabi mengklaim dirinya adalah jalan yang lurus menuju Tuhan:

-Pernyataan Samuel:

1 Samuel 12:23 Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; AKU AKAN AKAN MENGAJARKAN KEPADAMU  jalan yang baik dan lurus.

 -Amsal Salomo:

Amsal 4:11 Aku mengajarkan jalan hikmat kepadamu, aku memimpin engkau di jalan yang lurus.

 Jalan yang lurus adalah jalan Tuhan:

Yesaya 26:7 Jejak orang benar adalah lurus, sebab Engkau yang merintis jalan lurus baginya.

 Hosea 14:9 (14-10) Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalanjalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ensiklopedia Muslim, Islam Menjawab, Kristology dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s