Tafsir QS 2: 121—Al-QUR’AN MENGINFORMASIKAN KEPALSUAN ALKITAB


1. Dan firman Allah, :  “Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya,.. (QS. 2:121)

Penjelasan:

Dari Qatadah bahwa Sa’id meriwayatkan: ” Mereka itu adalah para sahabat Rasulullah SAW.

Ibnu Mas’ud pernah berkata: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya yang dimaksud dengan MEMBACANYA DENGAN BACAAN YANG SEBENARNYA, adalah menghalalkan apa yang dihalalkan-Nya dan mengharamkan apa yang diharamkan-Nya serta membacanya sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah, TIDAK MENGUBAH kalimat dari tempatnya dan tidak menafsirkan satu kata pun dengan penafsiran yang tidak seharusnya.”

Dalam penjelasan lain, “Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya,..” Artinya: Barangsiapa di antara Ahlul Kitab yang menegakkan kitab Allah yang diturunkan kepada para Nabi terdahulu dengan sebenar-benarnya, maka ia akan beriman kepada apa yang engkau bawa, hai Muhammad. Sebagaiman firman Allah:

“Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka…” (QS. 5:66)

Artinya, jika kalian benar-benar menegakkan (mengamalkan) Taurat, Injil, dan Al-qur’an, beriman kepadanya dengan sebenar-benarnya, serta membenarkan kandungan yang memuat berita-berita mengenai pengutusan Nabi Muhammad, sifat-sifatnya, perintah untuk mengikutinya dan membantu serta mendukungnya, niscaya hal itu akan menuntun kalian kepada kebenaran dan menjadikan kalian mengikuti kebaikan di dunia dan di akhirat, sebagaimana firman Allah:

“(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka,..” (QS. 7:157)

Dan dalam hadist shahih Muslim, Nabis SAW bersabda:

“Demi Tuhan yang menggenggam jiwa Muhammad, siapapun dari umat ini, termasuk orang YAHUDI dan juga NASRANI, yang telah mendengar tentang ajaran yang aku bawa, namun ia TETAP TIDAK MAU BERIMAN kepada Tuhan yang mengutusuku sampai ia mati, maka ia termasuk PENGHUNI NERAKA.”

2. Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh.(QS 2:176)

Penjelasan:
Ayat tersebut masih saling berkaitan dengan ayat sebelumnya yakni, ayat 174, 175 kemudian 176 pada surah Al-Baqarah yang detailnya adalah sebagai berikut:

Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih. (174)  Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka! (175) Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran). 

* Yakni kaum Yahudi yang telah menyembunyikan sifat Nabi Muhammad SAW yang termuat dalam kitab mereka, yang membuktikan kenabian dan kerasulan Muhammad. Penyembunyian itu dimaksudkan agar tidak hilang kepemimpinan mereka dan hadiah-hadiah yang diterimanya dari bangsa Arab sebagai penghargaan atas nenek moyang mereka.  Mereka khawatir bial sifat itu diungkapkan, maka manusia akan mengikuti Muhammad dan meninggalkan mereka.  Mereka menyembunyikan kebenaran demi secuil harta dunia.

Alqur’an menginformasikan Kepalsuan Alkitab. (Asli tapi Palsu—Sudah Diubah-ubah)

(QS.5:41) Hai Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu diantara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka: “Kami telah beriman”, padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi.  (Orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka merubah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. Mereka mengatakan: “Jika diberikan ini (yang sudah di rubah-rubah oleh mereka) kepada kamu, maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini maka hati-hatilah”.

(QS.2:75) ” Apakah kamu masih mengharapkan mereka (Bani Israel) akan percaya kepadamu, padahal segolongan dari mereka mendengar Firman Allah, lalu MEREKA MENGUBAHNYA SETELAH MEREKA MEMAMAHINYA, sedang mereka mengetahui?

QS.2:77) “Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan? “

(QS. 2:78) Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga.

(QS.7:79) Maka kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.

(QS.3 : 78) “Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan orang yang memutar-mutar lidahnya membaca Al-Kitab, agar kamu menyangka bahwa yang dibacanya itu adalah sebagian dari Al-Kitab, padahal ia bukan Al-Kitab, dan mereka juga mengatakan, “Ia (yang dibaca itu datang) adalah dari sisi Allah,” padahal ia bukanlah dari sisi Allah. Mereka telah berkata Dusta terhadap Allah, sedang mereka mengetahui.”

(QS. 6: 91) “… Katakanlah: “Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu perlihatkan (sebahagiannya) dan KAMU SEMBUNYIKAN sebahagian besarnya, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang kamu dan bapak-bapak kamu tidak mengetahui(nya) ?

(QS. 4:46) “Yaitu orang-orang Yahudi, MEREKA MENGUBAH KALIMAT (Allah) DARI TEMPAT-TEMPATNYA. Mereka berkata : “Kami mendengar”, tetapi kami tidak mau menurutinya.

(QS. 5:13) (Tetapi) karena mereka (orang-orang Yahudi) melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah kalimat (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kristology dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s