Doa Rasulullah SAW kepada Ali R.A agar Dipermudah Menghafal Alqur’an


Seandainya bulan Ramadhan itu tidak datang dalam setahun, mungkin kita yang mengaku muslim akan sangat terlihat jarang membuka Alqur’an kita yang mungkin sudah dibalut debu lemari. Kecuali bagi mereka yang memang memiliki sifat zuhud (tidak cinta dunia).

Syukur Alhamdulillah… Ramadhan mengingatkan kita untuk kembali membuka, membaca dan memahami isi Alqur’an.

Dan inilah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Sayyidina Ali R.A agar dipermudah membaca, menghafal dan memahami isi Aqur’an:

“Ya Allah, kasihinilah aku dengan meninggalkan maksiat selama Engkau mengekalkan aku, dan kasihinilah aku dari menanggung sesuatu yang tidak berguna bagiku.  Berilah aku rezki berupa pandangan yang baik pada sesuatu dimana Engkau ridha kepadaku.

Ya Allah pencipta langit dan bumi, yang memiliki keagungan, kemuliaan dan kejayaan yang tidak dapat dibayangkan.  Aku memohon kepada Engkau, ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, dengan keagungan-Mu dan cahaya wajah-Mu, semoga Engkau menetapkan hatiku HAFALAN terhadap KITAB-MU, sebagaimana Engkau telah mengajarkan kepadaku.

Berilah aku karunia untuk membacanya sesuai dengan yang Engkau sukai. Dengan cahaya wajah-Mu agar Engkau menyinari pandanganku dengan kitab-Mu. Engkau fasihkan lidahku dengannya, dan Engkau bersihkan badanku dengannya. Sesungguhnya tidak ada yang dapat menolongku kepada kebenaran kecuali Engkau. Laa hawla wa laa quwwata illah billa aliyil adzim.

*Rasulullah SAW  meneruskan sabdanya kepada Ali R.A, “Ulangilah amalan ini selama tiga, lima atau tujuh Jumat.  Insya Allah, doamu akan diperkenankan.

Ibnu Abbas R.A menceritakan, setelah lima atau tujuh Jumat, kemudian Ali R.A datang kembali menemui Rasulullah SAW dan berkata, ” Dulu saya belajar lebih kurang empat ayat, tetapi aku tidak dapat lama mengingatnya. Sekarang aku belajar empat puluh ayat dan DAPAT MENGINGATNYA dengan mudah seolah-olah Alqur’an dibuka di depanku.

**Semoga Allah SWT dengan limpahan rahmat-Nya menjadikan saya dan semua Muslim dan Muslimah yang membaca tulisan ini, sebagai hafizh Alqur’an. Amin…

Galeri | Pos ini dipublikasikan di DOA-DOA dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Doa Rasulullah SAW kepada Ali R.A agar Dipermudah Menghafal Alqur’an

  1. asma saad berkata:

    terima kasih, semoga menjadi amal bagi saudara, dan dapat saya amalkan insyaallah

Tinggalkan Balasan

