Apakah Perceraian Ada Takdirnya?


Siapapun pasti sedih dan takut membayangkan hal ini. Bagaimana rasa cinta dan kebersamaan dengan suami/istri bisa berhenti begitu saja. Namun, beberapa pengalaman yang mendalami kasus perceraian belasan pasangan beberapa waktu terakhir ini mengantarkan kita pada kesimpulan bahwa :

Usia jodoh itu ada takdirnya!

Sebenarnya pemikiran ini mulai muncul ketika membaca berita perceraian antara Dewi ‘Dee’ Lestari dengan Marcel Siahaan. Saya penasaran dengan berita tersebut, karena sebelumnya pasangan ini terkenal kemesraannya dan jauh dari gossip. Tampaknya selama ini pasangan ini selalu tampak ‘hangat’ setiap muncul di media. Saking penasarannya, waktu itu saya borong semua tabloid yang memuat berita tersebut.

Saya coba cari alasan mendasar dari perpisahan mereka. Dan seperti yang mereka ungkapkan bahwa ‘Cinta kami sudah berubah. Cinta kami bukan cinta suami-istri lagi, tapi cinta sebagai seorang sahabat”. Pernyataan itulah yang membuat saya tertegun. Dalam hati terus bertanya, apa bisa rasa cinta ini bisa berubah? Bila memang bisa, apa yang menyebabkannya berubah? Apakah dalam waktu singkat bisa berubah? (masa pernikahan Dee-Marcel kurang dari 5 th)

Diskusi panjang juga saya lakukan bersama suami. Akhirnya sampailah kami pada kesimpulan bahwa usia jodoh itu ada takdirnya!

Jujur, saya sedih sampai pada kesimpulan itu. Saya tidak berani membayangkannya. Saya kemudian merasa sia-sia semua penelitian yang telah saya lakukan berkaitan dengan komunikasi suami-istri ini. Namun kemudian saya teringat upaya para dokter untuk tetap menyelamatkan nyawa seseorang. Meskipun takdir kematian tetap akan menghampiri, tapi usaha mencari kesembuhan harus tetap dilakukan!

Jadi?
Allah pernah menyatakan dalam Al Qur’an bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai ia merubahnya sendiri. Bisa jadi, perceraian menjadi bagian dari takdir pernikahan kita. Tapi, tetap banyak hal yang bisa diupayakan untuk menghindarinya karena masih ada kesempatan memelihara cinta dalam rumah tangga kita.

Jangan lupa berdoa agar Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan barokah dalam keluarga kita. Amin

Dikutip Family Communication Site

Pos ini dipublikasikan di Catatan Islami. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

